Makan ala Noni Belanda

Ducth Resto
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Sebagai negara yang pernah menjajah Indonesia berabad-abad lamanya, banyak sekali peninggalan Belanda di Indonesia. Mulai dari sistem hukum sampai urusan perut. Beberapa jenis makanan khas Belanda sampai saat ini masih dibuat dan sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, seperti kue kastengel yang wajib ada saat hari raya, poffertjes dan panekuk.

Sebenarnya masih banyak makanan khas belanda lainnya yang sangat lezat. Jika Anda ingin mencicipi ragam makanan khas belanda, coba saja datang ke Hema. Tempat makan yang satu ini menyediakan menu makanan khas Belanda yang mungkin belum pernah Anda coba.

Untuk rasa memang tidak otentik karena sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Bahkan, nama Hema sendiri yang terinspirasi dari salah satu supermarket di Belanda juga 'disesuaikan' oleh pemiliknya yaitu merupakan singkatan dari halal, enak, murah dan artistik. Saat memasuki Hema, memang langsung terasa kental nuansa artistik Belanda.

Lengkap! Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 Qatar

Ducth Resto

Mulai dari bangku kayu, sofa, hingga hiasan dinding khas Belanda. Sebagai pembatas, ada juga sekat kayu yang dihiasi bunga tulip imitasi warna oranye.

"Untuk detail hiasan ada yang bisa didapatkan di Indonesia, tetapi ada juga yang dibeli di Belanda seperti Klompen, sepatu khas Belanda dan hiasan keramik kincir angin," kata Ali manajer restoran.

Nuansa tersebut membuat pengunjung penasaran melihat daftar menu dan ingin segera memesan makanan. Sebagai menu pembuka, cobalah Huzaren Sla, yaitu sayuran dan buah segar yang disajikan dengan telur dan mayones khas Hema. Jika ingin camilan gurih, Anda bisa mencoba Holland Kroket atau cemilan yang terbuat dari daging kemudian digoreng dan disajikan dengan mayonaise, Bitter Ballen.

Ducth Resto

Untuk menu utama, cobalah Stamppot Met Wosrt, yaitu kentang pure yang disajikan dengan sosis besar dan sayuran lalu disiram dengan saus gurih. Teksturnya kentang purenya sangat lembut dan meleleh ketika menempel di lidah. Rasa manis kentang berpadu pas dengan saus yang merupakan campuran bawang bombay dan lada hitam. Sosisnya juga memiliki rasa istimewa, ada rasa asap di dalamnya dan teksturnya agak keras dibandingkan sosis biasa.

Menu utama lainnya yang sejenis yaitu Hutspot Met Klapstuk. Yaitu, pure kentang dengan irisan daging sapi (shredded beff) dan disajikan dengan saus krim. Lalu, bagi yang menyukai ayam, ada  menu yang sangat pas yaitu Kippen Borst Special, dada ayam tanpa tulang yang dikukus disajikan dengan saus krim serta kentang panggang.

Sebagai penyegar tenggorokan cobalah minuman khas Hema yaitu Dutch Cola, minuman cola yang dicampur dengan jus leci. Rasanya sangat segar, unik, rasa cola dan leci ternyata bisa berpadu dengan pas.  Semakin lengkap, jika Anda juga mencicipi menu penutup khas Belanda seperti Poffertjes atau Klapper Taart.

Jika Anda ingin datang kemari dan ingin menikmati suasana, sebaiknya hindari jam makan siang karena sangat ramai dan bisa-bisa masuk daftar tunggu. Apalagi tempat makan ini tidak melayani reservasi kecuali untuk minimal 20 orang.

HEMA Resto

Tis Square Jl. M.T. Haryono Kav 8-9, Tebet - Jakarta Selatan
Harga makanan : Rp9000-Rp65000
Harga minuman : Rp7000-Rp15.000
Jam buka : 10.00 WIB - 22.00 WIB
Telepon : (021) 8295548

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

Peta Resto Hema

Zikir akbar di Istana Merdeka, Rabu malam, 1 Agustus 2018.

Seorang Pria Nekat Terobos Istana Negara di Malam Takbiran, Polisi Bilang Begini

Seorang pria diduga hendak terobos masuk kawasan Istana Negaea, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa 9 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024