Kamis, 24 April 2014
02:31 WIB
Lebaran, Mobil Bekas Avanza dan Xenia Diburu
Mobil 88, salah satu lini bisnis SERA di bidang penjualan mobil bekas,
Like
Mobil bekas
Antique | Kamis, 19 Agustus 2010, 08:24 WIB

VIVAnews - Walaupun harga mobil bekas tidak jauh berbeda dibandingkan mobil baru, namun menjelang Lebaran 2010 penjualan mobil bekas merangkak naik. Masyarakat membeli mobil bekas untuk memenuhi kebutuhan berlebaran di kampung halaman.

President Director Serasi Autoraya (SERA, Astra Group) Pongki Pamungkas menuturkan, Mobil 88, salah satu lini bisnis SERA di bidang penjualan mobil bekas, menjelang lebaran mengalami kenaikkan transaksi penjualan mobil memasuki bulan Ramadan ini.

"Jika pada akhir Juli 2010, Mobil 88 berhasil menjual 70 unit mobil, Agustus ini saya kira penjualan dapat mencapai 100 unit. Tadi saya cek, penjualan di salah satu showroom penjualannya sudah mendekati bulan lalu," ujar Pongki Pamungkas di Jakarta, Rabu Malam 18 Agustus 2010.

Menurut Pongki, mobil bermerk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merajai penjualan mobil bekas. Walaupun banyak peminat, ia tidak serta merta menaikkan harga jual mobil bekas.

Dia beralasan, jika menaikkan harga jual mobil bekas akan kalah bersaing dengan mobil baru yang harga jualnya hanya selisih sedikit. Mobil baru melakukan promo besar-besaran dan dengan berbagai gimmick untuk menarik pembeli.

"Susah kalau menaikkan harga jual mobil bekas walaupun demand-nya tinggi, karena kalah dengan mobil baru," ujar Pongky.

SERA sendiri, lanjut Pongki, akan melakukan investasi pembelian 8.000 mobil baru berbagai jenis untuk memperkuat semua lini bisnis Sera dengan asumsi nilai investasi mencapai Rp120 triliun. Saat ini, perusahaan telah memiliki 16 ribu unit mobil.

"3.000 unit di antaranya untuk mengganti mobil lama dan 5.000 unit mobil baru," kata dia.

SERA memiliki berbagai lini bisnis, antara lain TRAC Astra Rent Car, Mobil 88, Selog Total Logistic and Carrier, Harmoni Logistic, Tremo Trac Motorental, O-Renz Taxi dan Balai Lelang Ibid.

Laporan Iwan Kurniawan

© VIVA.co.id

Berita Terkait
A A A
Kanal Lainnya