Jalur Busway Steril, Penumpang Meningkat

Antri di halte busway
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Selain bertambahnya kecepatan bus Transjakarta dari 20 kilometer per jam menjadi 50 kilometer per jam, sterilisasi busway juga berdampak pada peningkatan jumlah penumpang.

"Kecepatan bus semakin bertambah, hal ini pun membuat jumlah penumpang yang terangkut jadi lebih banyak," kata Kepala Dinas Perhubungan Jakarta, Udar Pristono, Kamis, 5 Agustus 2010.

Udar mencontohkan Koridor I (Blok M-Kota). Jumlah penumpang bus Transjakarta saat ini mencapai 77.136 orang per hari. Padahal, sebelum sterilisasi, hanya 69.578 orang per hari. Dengan demikian ada peningkatan 10,86 persen.

Di Koridor III (Kalideres-Harmoni) juga demikian. Terjadi peningkatan penumpang hingga 14,35 persen, yakni dari sebelumnya 28.975 penumpang per hari meningkat menjadi 33.134 penumpang per hari.

Demikian pula di Koridor V, peningkatannya mencapai 19,52 persen, yakni dari sebelumnya 25.134 penumpang per hari kini menjadi 30.041 penumpang per hari.

Sedangkan di Koridor VI (Dukuh Atas-Ragunan), kenaikannya sebanyak 14,25 persen, yakni dari sebelumnya 24.410 penumpang per hari menjadi 27.402 penumpang per hari.

Lebih lanjut, Udar mengharapkan sterilisisasi busway ini dapat menggiring masyarakat untuk beralih dari mobil pribadi ke bus Transjakarta.

“Sehingga masalah kemacetan lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya kendaraan pribadi dan angkutan umum ini segera mencair.”

Ngeri, ABG di Bekasi Kini Tawuran Pakai Panah
Lokasi kebakaran toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan

Polisi bakal melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) perihal kebakaran Toko Frame dan Galeri bernama 'Saudara Frame' di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024