AS Sudah Siapkan Rencana Serang Iran

Helikopter militer AS Chinook saat mendarat di Afganistan
Sumber :
  • AP Photo/Rafiq Maqbool

VIVAnews - Militer Amerika Serikat (AS) pada dasarnya sudah menyiapkan rencana untuk menyerang Iran. Namun rencana itu tidak baik untuk diterapkan.

Demikian ungkap Ketua Gabungan Kepala Staf Militer AS, Laksamana Mike Mullen. Dia mengutarakan hal itu dalam suatu wawancara dengan stasiun televisi NBC, yang ditayangkan Minggu 1 Agustus 2010. Tak lama setelah penayangan wawancara itu, seorang pejabat Garda Revolusi Iran menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan balasan apabila AS menyerang negaranya.

"Menurut saya, opsi militer sudah disiapkan dan tetap menjadi pilihan," kata Mullen dalam acara "Meet the Press" di stasiun televisi NBC. Dia merujuk kepada ketegangan hubungan antara AS dan Iran selama beberapa tahun terakhir.

Pangkal masalah ketegangan itu adalah kecurigaan AS atas Iran yang bisa mengembangkan teknologi nuklir menjadi senjata pemusnah massal. Iran berkali-kali menegaskan tidak akan membuat senjara nuklir, melainkan menggunakan teknologi nuklir untuk kepentingan damai. 

"[Aksi militer] itu merupakan salah satu dari sekian pilihan yang dimiliki presiden. Namun, sekali lagi, saya berharap kita tidak memilih opsi demikian, kendati itu merupakan pilihan penting dan yang dipahami secara baik," lanjut Mullen. 

Sebagai perwira tertinggi dalam militer AS, Mullen seringkali memperingatkan bahwa serangan atas Iran bakal memiliki efek yang serius dan tidak dapat diprediksi di kawasan Timur Tengah.

Namun, di sisi lain, Mullen menyatakan bahwa risiko pengembangan senjata nuklir oleh Iran merupakan sesuatu yang tidak bisa diterima.   

Sementara itu, kantor berita pemerintah Iran, IRNA, mengutip reaksi dari Wakil Ketua Garda Revolusi, Yadollah Javani. Dia menilai bahwa keamanan di Teluk Parsi akan terganggu "bila Amerika melakukan kesalahan sedikit pun."

"Teluk Parsi merupakan kawasan yang strategis. Bila keamanan di kawasan ini terancam, mereka akan turut menanggung kerugian dan kita akan menindak tegas," kata Javani.

Pejabat Iran berkali-kali menyatakan bahwa ibukota sekaligus kota terbesar kedua di Israel, Tel Aviv, bakal menjadi sasaran bila AS atau negara zionis itu melakukan aksi militer kepada mereka. (Associated Press)

Hasil Liga 1: Persib Ditahan Imbang Bhayangkara FC, 5 Gol Striker Persik
Peluncuran Alquran Berbahasa Gayo

Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh

Pada momen spesial Ramadan 1445 H, Balitbang Diklat Kementerian Agama RI dan IAIN Takengon menghadirkan terobosan baru: Al-Qur'an terjemahan bahasa Gayo.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024