Selasa, 21 Oktober 2014
10:37 WIB
7 Fakta Wajib Diketahui Tentang Kolesterol
Agar Anda tidak terjebak, ketahui fakta dari tujuh mitos seputar kolesterol.
Petti Lubis, Mutia Nugraheni | Jum'at, 30 Juli 2010, 11:15 WIB

VIVAnews - Banyak orang membicarakan tentang dampak buruk kolesterol jahat. Tetapi tidak semuanya fakta. Kurangnya pengetahuan tentang kolesterol membuat terciptanya banyak mitos yang seputar kolestrol.

Agar Anda tidak terjebak di dalamnya, ketahui fakta dari tujuh mitos tentang kolesterol.

1. Mitos : Kolesterol selalu buruk
Fakta : Semua mamalia membutuhlan kolesterol untuk hidup. Kolesterol baik (HDL) tetap dibutuhkan tubuh untuk membersihkan pembuluh darah. Kolesterol yang buruk adalah LDL yang perlu dikurangi, karena jika terlalu tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah jantung yang dapat menimbulkan serangan jantung.

2. Mitos : Kolesterol tinggi berbahaya
Fakta : Kolesterol tinggi sebenarnya tidak masalah. Namun yang harus dilihat rasio tingginya pada kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Bukan hanya itu saja tetapi juga faktor lain seperti berat badan, frekuensi olahraga, kesehatan dan riwayat keluarga.

3. Mitos : Orang yang mengalami serangan jantung memiliki kadar kolesterol tinggi.
Fakta : Meskipun kolesterol tinggi merupakan faktor signifikan dalam penyakit jantung, tetapi beberapa orang terkena penyakit jantung dan serangan jantung walaupun tingkat kolesterolnya normal atau bahkan rendah.

4. Mitos : Anda harus mengurangi makanan yang mengandung kolesterol jika ingin menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Fakta : Kolesterol dalam darah bukan hanya akibat kebiasaan makan Anda tetapi juga dari liver atau hati yang membuat kolesterol. Bahkan, liver membuat lebih banyak  kolesterol daripada konsumsi makanan. Jadi, mengurangi makanan berkolesterol hanya sedikit berpengaruh.

5. Mitos : Sebaiknya hindari telur untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah

Fakta : Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi satu atau dua butir telur hanya memiliki sedikit pengaruh pada orang yang kadar kolesterolnya normal.

6. Mitos : Jika menjalani diet rendah lemak dan banyak olahraga, level kolesterol akan turun

Fakta : Beberapa orang memiliki kecenderungan memiliki kolesterol tinggi karena alasan genetik. Berarti perubahan gaya hidup tidak akan cukup untuk membawa tingkat kolesterol ke zona aman. Orang-orang ini akan memerlukan pengobatan medis selain perubahan gaya hidup.

7. Mitos : Orang muda tidak akan memiliki masalah kolesterol
Fakta : Setiap orang yang berusia 20 tahun ke atas harus memeriksakan kadar kolesterolnya secara teratur. Studi menunjukkan bahwa plak dapat menumpuk di arteri yang memasok darah ke jantung sejak akhir masa remaja.

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
Kanal Lainnya