Mengapa Pekerja Kantor Hobi Ngemil

ngemil bugar
Sumber :
  • corbis.com

VIVAnews - Apakah meja kerja Anda sering tersaji camilan? Tanpa sadar, bekerja selama berjam-jam di depan komputer memang memunculkan keinginan kuat untuk mengonsumsi camilan manis, seperti cokelat dan biskuit.

Dalam Kongres Internasional tentang Obesitas di Stockholm, Swedia, sejumlah ahli mengatakan bahwa tekanan mental saat bekerja memicu perubahan kadar gula dalam darah hormon.

Kondisi tersebut akan 'mengelabuhi' otak untuk berpikir bahwa tubuh membutuhkan banyak kalori menggantikan tenaga yang dipakai bekerja keras. Menonton televisi juga memiliki efek yang sama.

Kesimpulan itu berdasar penelitian yang dilakukan Jean-Philippe Chaput dari Universitas Copenhagen, Denmark. Chaput memulai penelitian setelah melihat para pekerja secara teratur mengudap biskuit cokelat ketika melakukan pekerjaan dengan komputer.

ChaputĀ  meminta salah satu kelompok siswa perempuan untuk melakukan pekerjaan dengan komputer. Sedangkan kelompok lain diminta bersantai selama 45 menit.

Hasilnya, melakukan tugas-tugas berbasis komputer memang berhasil membakar kalori tiga kali lebih banyak daripada hanya berdiam diri. Namun, aktivitas itu berpotensi memunculkan hasrat makan yang luar biasa setelahnya. Faktanya, pekerjaan itu justru menambah ekstra kalori sebesar 230.

Aktivitas di depan komputer membuat seseorang makan lebih banyak. Oleh karenanya, pekerja kantor yang ingin tetap langsing harus menyisihkan waktu beristirahat di sela-sela aktivitasnya di depan komputer.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024