LSI: Pidato Ani Yudhoyono Jelang 2014

Ani Yudhoyono memberi vaksinasi polio pada balita di Posyandu
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Peneliti senior Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi menilai pidato Ibu Negara Ani Yudhoyono di Konferensi Parlemen Asia-Pasifik menimbulkan spekulasi. Ani Yudhoyono termasuk salah satu Ibu Negara yang dinilai agresif.

"Agresifitas Ibu Ani menimbulkan spekulasi untuk terjun ke Pemilihan Presiden 2014," kata Burhanuddin Muhtadi dalam perbincangan dengan VIVAnews, Jumat 9 Juli2010.

Menurut Burhanuddin, spekulasi itu dinilai wajar dalam dunia demokrasi. Burhan mempertanyakan kapasitas Ibu Negara yang berpidato di hadapan anggota parlemen.

"Karena yang menjabat posisi publik itu suaminya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jadi, terus terang itu di luar kewajaran," ujar alumni The Australian Nastional University (ANU) ini.

Burhan menilai, munculnya nama Ani Yudhoyono ini juga bagian dari spekulasi kekhawatiran kaderisasi Partai Demokrat pasca-SBY. Dalam dua tahun terakhir, aktivitas Ani Yudhoyono sebagai 'first lady' dinilai semakin populis.

"Kegiatannya selalu diliput media. Ada soal program Posyandu, KB, penghijauan, pagar hidup, mobil pintar, dan lain-lain," kata dia. Burhan pun mengambil contoh istri-istri kepala daerah di berbagai wilayah.

Contoh kasus di Kediri dan Bantul. Istri dari masing-masing kepala daerah itu memiliki kegiatan yang populis. Bahkan aktif sekali. Ketika periode kepemimpinan sang suami sudah habis dan tidak bisa dilanjutkan, sang istri pun maju. Dan menang.

"Contohnya Ida Idam Samawi, istri Bupati Bantul. Dia menang telak. Kemudian ada pula Hariyanti Sutrisno di Kabupaten Kediri. Bermula dari aktivitas-aktivitas populis seperti Ketua PKK. Dan masyarakat masih percaya," tegasnya.

Burhan juga mengambil contoh mantan Ibu Negara Amerika Serikat, Hillary Clinton. Hillary termasuk tipikal Ibu Negara yang sangat-sangat aktif.

"Saat mendampingi Bill Clinton, Hillary sangat lincah, termasuk memainkan peran-peran yang tidak sewajarnya. Itu sangat kentara bila dibandingkan dengan Barbara Bush, istri George Bush senior," kata Burhan.

Seperti diketahui, pada Rabu 7 Juli lalu, Ani Yudhoyono berbicara di hadapan peserta Forum Parlemen Asia-Pasifik di Hotel Sultan, Jakarta. Ani bercerita mengenai program Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB).

"Kami (SIKIB) memfokuskan kerja di daerah-daerah yang sulit terjangkau. Sasaran SIKIB adalah mencerdaskan masyarakat Indonesia dengan program Indonesia Pintar," kata Ani saat itu. (hs)

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States
VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan SPKLU bagi pemudik, yang berkendara menggunakan mobil listrik di sejumlah rest area

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024