SBY Telepon PM Wanita Pertama Australia

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ditelepon Jusuf Kalla (JK)
Sumber :
  • Abror Rizki

VIVAnews - Amsterdam (25/6). Sekitar pukul 4.00 dini hari, Jumat waktu setempat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan rombongan mendarat di Bandara Schippol untuk melakukan transit selama 90 menit.

Sumber di pejabat Istana seperti dilaporkan jurnalis ANTV, Uni Lubis menyebutkan Presiden SBY akan melakukan pembicaraan telepon dengan Madame Julia Girrard, Deputi PM Australia yang baru saja memastikan diri menggantikan PM Kevin Rudd sebagai Pemimpin Australia yang baru. Pembicaraan telpon direncanakan berlangsung sekitar 1 jam dari sekarang.

Julia Girrard, petinggi Partai Buruh, partai pimpinan Rudd, mencatat sejarah di Australia sebagai PM wanita pertama di negara Kanguru itu. Julia Girrard mendapat dukungan dari Partai Buruh setelah popularitas Kevin Rudd menurun drastis beberapa bulan terakhir.

Australia akan menyelenggarakan Pemilu Agustus mendatang dan jika Partai Buruh membiarkan Rudd berlaga dengan kandidat kuat dari koalisi Partai Konservatif-Liberal Tony Abbott, dikuatirkan Rudd akan kalah. Julia Girrard naik ke kursi Perdana Menteri setelah partai buruh sepakat memilihnya menjadi pemimpin, dan secara otomatis memegang jabatan pimpinan pemerintahan.

Kevin Rudd terjungkal dari kursi PM dan pimpinan Partai Buruh gara-gara tudingan 'salah kebijakan', termasuk soal proposal perubahan iklim dan niat mengenakan pajak tinggi, sampai 40% ke industri pertambangan. Kebijakan terakhir ditentang kuat industri tambang yang menjadi andalah ekonomi Australia. Tidak hanya oleh perusahaan tambang, tentangan juga datang dari masyarakat yang banyak memegang saham perusahaan tambang

Dalam jadwal resmi kunjungan Presiden SBY ke G20 di Toronto, SBY dijadwalkan bertemu Rudd, Sabtu pagi (27/6) jam 9.20 waktu Toronto.  SBY dan Kevin Rudd selalu bertemu secara khusus dalam berbagai pertemuan internasional. Keduanya bersahabat baik. Di G20 Toronto, pertemuan itu tak akan terjadi.

Puluhan Kampung Tenggelam, Kabupaten Mahakam Ulu Tetapkan Status Darurat Banjir
Toyota BZ4X di World Water Forum 2024

Ratusan Unit Mobil Listrik Toyota Dipakai Menteri dan Tamu Negara di WWF Bali

Ratusan unit mobil listrik Toyota BZ4X akan digunakan para menteri, dan tamu negara yang hadir di Indonesia dalam acara World Water Forum (WWF) 2024 di Bali, 18-20 Mei...

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024