Perbaikan Pipa, Air PDAM Besok Dimatikan

PDAM
Sumber :
  • Iwan Heriyanto | Surabaya Post

SURABAYA POST – Setelah sempat padam beberapa waktu lalu, PDAM Kota Surabaya akan kembali melakukan pemadaman mulai Kamis (29/4) besok. Perbaikan dikarenakan ada perbaikan pipa transmisi Putat Gede yang berdiameter 1.400 mm dari IPAM Karang Pilang II.

Pemadaman sendiri rencananya akan berlangsung 2 hari, hingga Jumat (30/4) lusa, dimulai pukul 20.00 sampai 01.00. Dengan adanya perbaikan ini, beberapa pelanggan akan mengalami gangguan aliran air yang mengecil, keruh, bahkan padam sama sekali.

 “Berkenaan dengan hal tersebut kami atas nama direksi PDAM mohon maaf dan mengimbau warga atau para pelanggan PDAM untuk mengadakan persiapan. Misalnya dengan menandon air sebanyak-banyaknya,” ujar Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, M Selim dikonfirmasi, Rabu (28/4).

Menurut Selim, untuk daerah yang akan terganggu nantinya adalah kawasan Putat, HR Muhammad, Darmo Permai, Pradah Kali Kendal, Gadel, Darmo Indah, Lontar, Manukan, Sambi Kerep, Kendung, Sememi Jaya, Balongsari, Benowo, Pakal, Raci, Tambakdono, Margomulyo, Gresik, Tandes, Perak, Rajawali, Tanjung Perak, Prapat Kurung, Kalimas, Osowilangun dan Romokalisari.

Selain itu daerah lainnya adalah Tanjungsari, Kedung Cowek, Gading, Lebak Jaya, Kenjeran, Pantai Mentari, Kapas Gading, Setro, Setro Baru, Kyai Tambak Deres, Bulak Banteng, Wonosari Lor dan Wetan, Wonokusumo Lor dan Wetan, Hangtuah, DBAL, Banteng, KH Mas Mansyur, Sidotopo Lor dan Kidul, Kembang Jepun, Krembangan, Asemrowo, Tambak Mayor, serta Jurang Kuping.

Gangguan itu tak lepas dari kerusakan instalasi pipa yang masih dalam tanggung jawab PT Nindya Krakatau Engineering. Instalasi  yang berada di Jalan Raya Graha Famili Barat itu sekarang rusak dan masih dalam perbaikan.

 “Saat ini tinggal menyambung pipa kembali, sebab bautnya hanya terlepas dari pompa. Mungkin yang membutuhkan waktu lama adalah proses pengeringan dan pembuangan air hujan yang menggenangi tempat instalasi pipa tersebut,” terang Humas PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Sunarno.

Imbas perbaikan instalasi ini, diperkirakan sekitar 50 ribu pelanggan PDAM – dari 450 ribu pelanggan PDAM di Surabaya- akan terganggu pasokan air bersihnya.

“Sampai saat ini kami belum menghitung berapa estimasi kerugian yang dialami oleh pihak kami akibat gangguan ini, termasuk hilangnya debit air akibat gangguan instalasi tersebut. Kami juga belum menghitung berapa kerugian akibat kerusakan pipa PDAM beberapa waktu lalu. Tapi dalam waktu dekat, setelah semua proses ini selesai, kami akan mendata semuanya,” lanjut Sunarno.

PDAM mengklaim, proyek IPAM Karang Pilang II ini juga masih satu rentetan dengan pengembangan Proyek IPAM Karang Pilang III. Proyek tersebut bila beroperasi akan mampu meningkatkan jangkauan pelayanan kebutuhan air di Surabaya. Targetnya mencukupi sekitar 72% dari total seluruh penduduk Surabaya yang saat ini sekitar 3 juta orang. (umi)

Laporan: Hamzah Arfah

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024