Atasi Gangguan Tidur dengan Meditasi

Yoga bangun tidur
Sumber :
  • www.quickandsimple.com

VIVAnews - Berdasar hasil survei Universitas Standford Amerika, 80 persen manusia tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Padatnya aktivitas sehari-hari yang memicu kecemasan dan stres adalah faktor utama penyebab gangguan tidur.

Itulah mengapa usaha membersihkan pikiran dari segala hal meresahkan dipandang sebagai cara paling efektif untuk meraih kualitas tidur yang maksimal. Menciptakan keheningan dengan meditasi bisa menjadi pilihan. 

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari meditasi. Tak hanya sekadar membersihkan pikiran dari hal negatif, tapi juga menurunkan ketegangan otot dan melancarkan aliran darah yang dapat menciptakan ketenangan jiwa. Meditasi juga meningkatkan asupan oksigen yang baik bagi pernafasan.

Berikut beberapa metode meditasi yang bisa menjadi pilihan untuk mengatasi gangguan tidur.

1. Gibberish Meditation
Meditasi ini bermanfaat meringankan pikiran dan melepaskan beban tekanan mental, sehingga Anda mampu menikmati tidur yang baik. Cara melakukannya mudah. Cukup menciptakan suasana yang hening, lalu duduk dalam diam beberapa saat.

Meditasi ini mampu membantu Anda mengosongkan beban pikiran. Ketika Anda berbicara, Anda tidak akan tahu apa yang Anda katakan, gerak tubuh Anda, gairah Anda sedang melakukan pekerjaan. Lakukan ini minumal dua menit selama tujuh hari.

2. Laughter Meditation
Tertawa mampu melepaskan ketegangan dan membuat perasaan tenang sehingga lebih mudah jatuh tertidur. Tertawa adalah salah satu cara termudah untuk membebaskan diri dan menemukan kedamaian batin.

Memasukkan lebih banyak tawa setiap hari dalam kehidupan Anda, baik di pagi hari, sore, maupun di malam hari. Menciptakan tertawa alami bisa dilakukan dengan duduk santai sambil menonton film-film komedi. Tertawa merangsang pembentukan hormon yang dapat mengendurkan stres sehingga menciptakan tidur nyenyak. (pet)

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024