Menjaga Bibir Selalu Basah

Bibir basah menggoda
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Memiliki bibir pecah-pecah sangat mengganggu penampilan. Kondisi bibir yang kering seperti itu juga membuat senyum tidak lepas dan rasa tak nyaman.

Dalam kondisi seperti itu, banyak wanita yang mengambil langkah pintas membasahi bibir dengan ludah. Padahal cara seperti ini justru memperburuk kelembaban bibir.

Mengapa? Air liur akan membuat lapisan pelembab alami di bibir semakin cepat terkikis. Sesaat setelah menjilat bibir memang terasa basah, namun ketika air liur kering, kondisi bibir justru akan semakin kering dari sebelumnya.

Air liur atau saliva bukan sekedar air biasa, tapi mengandung enzim yang berperanĀ  melarutkan makanan dalam proses pencernaan. Demikian pula saat menyentuh bibir, enzim yang terkandung akan bekerja seperti ketika bertemu makanan. Itulah mengapa, membasahi bibir dengan air ludah justru akan membuat bibir pecah-pecah.

Jika bibir terlanjur pecah-pecah, lebih baik memperbanyak konsumi air putih. Anda juga bisa menggunakan kapas yang dicelup ke air putih untuk membasahi bibir. Bisa pula dengan madu. Kandungan vitamin A dan C dalam madu bermanfaat untuk melembabkan bibir.

Pencegahan bibir pecah-pecah bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan mengandung vitamin A, C, E dan mineral. Perawatan juga dari luar perlu dilakukan dengan mengaplikasikan produk perawatan bibir seperti lip balm atau lipstik yang mengandung vitamin E, Aloe Vera, dan SPF.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara usai timnya berhasil mengalahkan Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024