Alasan Wanita Lebih Sering Mimpi Buruk

Tidur
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Wanita lebih sering mengalami mimipi buruk dibandingkan pria. Hal itu karena wanita membawa kekhawatiran yang dialaminya dan melanjutkannya dalam proses emosional saat tidur. Hal itu menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of the West of England (UWE) di Bristol, Inggris.

Penelitian melibatkan 193 pria dan wanita di UWE. Ketika ditanya mengenai mimpi yang baru saja dialami, sebanyak 19 persen dari mahasiwa mengalami mimpi buruk dan 34 persen mahasiswi mengalami mimpi buruk. Emosi yang dialami para siswa tercata dalam sebuah buku harian.

Jennifer Parker, seorang profesor psikologi di UWE, yang melakukan penelitian selama lima tahun, mengatakan penelitian itu adalah yang pertama membahas perbedaan mipi buruk pada pria dan wanita

"Dari hasil penelitian terlihat ada perbedaan frekuensi mimpi buruk antara pria dan wanita. Wanita lebih sering mimpi buruk karena lebih kuat secara emosi," kata Jennifer seperti VIVAnews kutip dari Telegraph.co.uk.

"Saya berpikir wanita menggunakan mimpi sebagai strategi bawah sadar. Saya percaya hasil ini menunjukkan bahwa wanita lebih membawa kekhawatiran yang dialaminya dalam mimpi dibandingkan pria. Sehingga merek cenderung kesulitan dalam 'mematikan' rasa kekhawatiran tersebut," ujar Jennifer menjelaskan.

Penelitian ini membagi mimpi buruk wanita menjadi tiga kategori, dikejar atau hidup dalam keadaan terancam hidup, kehilangan orang yang dicintai, dan mimpi yang membingungkan.

"Hal yang menarik adalah melihat isi dari laporan mimpi buruk, pria dan wanita mengalami hal sama, tapi wanita pengalaman mereka lebih sering mengalaminya. Mimpi buruk yang dialami wanita lebih banyak berisi kemalangan, sisi negatif dari dalam diri dan impian yang tidak tercapai," kata Jennifer

Penelitian lain menemukan isi mimpi wanita juga tentang anggota keluarga, perasaan negatif, dan kurang agresif dibandingkan mimpi pria. Sedangkan isi mimpi pria lebih banyak berisi aktivitas seksual. Pria juga banyak bermimpi berhubungan seksual dan wanita lebih pada berciuman dan fantasi seksual.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini
PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024