Kosmetik Pengaruhi Perkembangan Payudara Anak

Remaja putri di masa pubertas
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Kandungan bahan kimia yang ditemukan di berbagai produk kecantikan mengakibatkan terjadinya pubertas lebih awal pada anak perempuan. Bahan kimia juga meningkatkan risiko kesehatan remaja putri di kemudian hari.

"Ada usia tertentu anak sangat rentan terhadap paparan kimia yang akan mempengaruhi kelenjar susu dan menyebabkan risiko kanker payudara di usia dewasa," ujar Maria Wolff, Profesor kedokteran pencegahan dan onkologi di Mount Sinai School of Medicine.

Studi meneliti tiga jenis bahan kimia yang umum digunakan yaitu fenol, ftalat dan phytoestrogen. Bahan-bahan itu banyak ditemukan dalam produk sampo, pelembab tubuh, cat kuku, parfum, kosmetik wajah atau suplemen gizi.

Ketiga bahan itu ditemukan di dalam sampel urin 1.151 anak umur 6-8 tahun di New York, Cincinnati dan California Utara yang dijadikan objek penelitian di laboratorium. Bahan kimia itu mengganggu kerja hormon dan sistem endokrin.

Ftalat dan phytoestrogen dalam dosis tinggi memicu perkembangan payudara lebih dini. Ftalat yang banyak digunakan dalam produk perawatan kecantikan juga menimbulkan percepatan perkembangan organ genital anak perempuan.

Selain penggunaan kosmetik dan produk perawatan tubuh, gaya hidup dan asupan makanan mempengaruhi kualitas kesehatan anak di kemudian hari. "Perlu studi lebih lanjut untuk mengetahui keterkaitan antara bahan kimia, makanan dan gaya hidup," ujarnya.

Penelitian sebelumnya menyebutkan, masa pubertas terlalu awal akan menyebabkan kerugian sosial dan kesehatan di masa depan termasuk risiko diabetes dan kanker.

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah
Rumah mewah Andika Perkasa viral di media sosial.

Viral! Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Seperti Istana Pangeran Dubai

Rumah mewah berlantai enam milik mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menarik perhatian netizen. Rumah tersebut dianggap seperti istana pangeran Dubai.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024