10 Penyakit Mematikan Ancam Wanita

VIVAnews - Ada banyak penyebab kematian utama pada wanita. Tak hanya kanker payudara, wanita juga rentan menderita penyakit mematikan lainnya.

Meski demikian, penyakit mematikan ini masih dapat dicegah dengan cara melakukan gaya hidup sehat. Dr. Jane Smith, profesor dari Royal Australian College of General Practitioners mengatakan, "Anda tidak bisa lolos dari riwayat penyakit keluarga. Tapi, seringkali gaya hidup Anda yang tidak sehat yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit mematikan ini," katanya.

Karena itu, kenali lebih jauh tentang 10 penyakit mematikan ini, dan cara pencegahannya.

1. Penyakit jantung koroner
Sekitar sepertiga dari semua kematian di Australia disebabkan penyakit kardiovaskular CVD. Wanita memiliki risiko 10 persen lebih tinggi dibandingkan pria. 

Pencegahan: Jangan merokok dan menjaga berat badan ideal dan kadar kolesterol dengan olahraga teratur dan diet sehat. Jika Anda memiliki riwayat keluarga CVD, diabetes atau tekanan darah tinggi, jangan tunda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

2. Stroke
Stroke terjadi ketika ada perdarahan atau penyumbatan pada pembuluh darah ke otak.
Pencegahan: Diet sehat, latihan setiap hari dan tidak merokok.

3. Demensia
Penyakit ini adalah sebuah penurunan fungsi otak, termasuk ingatan, pemahaman dan penalaran. Demensia adalah sindroma yang berhubungan dengan beberapa penyakit. Paling sering disebabkan oleh Alzheimer. Biasanya ditemukan pada wanita usia manula, tetapi dapat terjadi sebelumnya.

Cara menghindarinya: Tidak ada pencegahan atau penyembuhan. Namun, usahakan agar otak tetap aktif dengan tetap bersosialiasi meski usia makin bertambah. Lakukan aktivitas yang memacu otak, seperti mengisi TTS, atau bermain puzzle.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Perbanyak makanan berdaun hijau dan minyak ikan).

4. Kanker paru-paru
Pada usia 85 tahun, sepertiga dari semua wanita di dunia telah didiagnosis dengan beberapa jenis kanker. Kanker paru-paru termasuk dalam urutan kelima. Insiden dan angka kematian yang meningkat di antara wanita akibat kanker paru-paru mencerminkan kenaikan perokok wanita selama puluhan tahun.

Pencegahan: Sembilan puluh persen kasus ini disebabkan oleh merokok aktif atau pasif. Karena itu, stop merokok dan hindari asap rokok. Pemaparan ke bahan-bahan industri seperti asbes juga dapat menjadi faktor risiko.

5. Kanker payudara
Satu di sembilan wanita akan menderita kanker payudara pada usia 85 tahun. Dan, satu dari 38 wanita akan meninggal akibat penyakit ini. Usia rata-rata diagnosis adalah 60, namun masih merupakan penyebab paling umum kematian di kalangan wanita usia 25-64.

Pencegahan: Risiko akan makin besar jika memiliki riwayat keluarga yang menderita kanker payudara. Lakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) setiap bulan, dan cek kesehatan payudara di dokter setahun sekali.

bersambung ...

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif
Menteri Pariwisata, Sandiaga Salahudin Uno

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Pariwisata jadi industri yang memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi secara cepat dengan berbagai aspek yaitu kesempatan kerja dan peningkatan taraf hidup

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024