Hati-hati, Terinfeksi Virus Herpes

VIVAnews - Satu dari enam orang di AS antara usia 14 - 49 tahun mengidap virus herpes atau penyakit menular seksual lain yang menyebar melalui kulit, menurut survei baru dari Centers for Disease Control (CDC). Penyakit ini bisa menyebabkan gatal, lecet dan nyeri di sekitar daerah pribadi Anda.

Yang lebih mengkhawatirkan, CDC menemukan, wanita lebih rentan terserang penyakit ini dengan persentase 21 persen pada wanita dewasa. Sedangkan, pada pria hanya 12 persen.

Kondisi ini terjadi karena wanita memiliki lebih banyak area permukaan pada organ intim mereka. Sehingga ada lebih banyak tempat bagi virus untuk masuk. Di tambah, area intim yang lembab secara alami akan mudah menyebarkan virus. Dan, partikel virus hanya berkembang dengan cepat dalam lingkungan lembab.

Herpes tergolong penyakit yang mengganggu. Karena itu, sebaiknya segera diatasi. Namun, penyakit ini tidak mempengaruhi kesuburan Anda seperti klamidia dan gonore. Tapi, tetap perlu diwaspadai. Sebab, Anda tidak akan pernah tahu dampak terburuk yang mungkin terjadi. Untuk mencegahnya, ada cara tepat yang bisa Anda ikuti untuk mengurangi risiko penularan herpes:

1. Selalu menggunakan kondom
Menggunakan kondom setiap kali melakukan hubungan seks bisa menjadi cara cukup efektif. Namun, pastikan kondom yang Anda gunakan tidak mudah robek dan lepas, sehingga tidak membuka peluang terinfeksi.

2. Kenali riwayat penyakit menular seksual pasangan
Seorang pria bisa saja berbohong bahwa dirinya tidak pernah berhubungan dengan wanita lain selain Anda. Namun, ada baiknya Anda mengajak pasangan untuk rutin memeriksakan kondisi ini ke dokter.

Heboh AC Pesawat Panas, Otoritas Bandara Gelar Ramp Check di Kualanamu

Pasalnya, banyak penderita herpes yang tidak menyadari telah tertular, atau bahkan sudah mengidap penyakit ini.

Anmat Komang (62), seorang pria paruh baya warga Desa Tanjung Saleh, Kecamatan Kakap, Kabupaten Kubu Raya mengalami luka serius setelah dirinya diserang buaya muara, pada Kamis 11 April 2024.

Ambil Air Wudhu di Parit, Pria Tua di Kubu Raya Diserang Buaya Muara

Peristiwa itu mengakibatkan Anmat Komang mengalami luka robek yang cukup serius di bagian betis kaki sebelah kiri dan tangan kirinya akibat gigitan buaya.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024