4 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

VIVAnews - Bagi penderita diabetes baik yang tipe 1 atau tipe 2, menjaga asupan makanan, adalah hal mutlak. Hal ini agar kadar gula dalam darah tetap stabil dan mengurangi risiko komplikasi.

Menurut beberapa penelitian, ada makanan yang bisa membantu para penderita diabetes untuk mengontrol gula darah. Jika Anda penderita diabetes atau kadar gula darah sedang dalam keadaan tinggi, konsumsilah makanan berikut.

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung serat tinggi (senyawa dalam kacang-kacangan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, menstabilkan gula darah dan menurunkan kolesterol). Suatu penelitian menunjukkan kandungan mineral dalam kacang-kacangan dapat membantu membakar lemak tubuh.

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun

Kandungan proteinnya yang tinggi juga bisa menggantikan daging merah. Untuk itu selalu masukan menu kacangan-kacangan seperti kacang buncis, polong, atau kacang merah untuk membuat gula darah tetap stabil.

2. Produk susu
Selain matahari, sumber kalsium terbaik adalah produk susu. Kombinasi vitamin D dan kalsium sangat bagus untuk penderita diabetes. Penelitian menunjukkan, wanita yang mengonsumsi lebih dari 1.200 mg kalsium dan lebih dari 800 IU (Internationa Unit) vitamin D per harinya, risiko komplikasi diabetesnya berkurang hingga 33 persen dibandingkan wanita yang kurang asupan kalsium dan vitamin D nya.

3. Ikan tuna
Rasanya yang gurih dan lezat, membuat ikan tuna disukai banyak orang. Ikan ini juga yang paling baik untuk penderita diabetes karena 3 ons tuna, mengandung 1.300 mg omega 3 dan vitamin D.

4. Havermut
Jangan meremehkan kekuatan gandum. Bagi Anda penderita diabetes, jadikanlah gandum sebagai "sahabat". Kandungan seratnya sangat tinggi. Penelitian juga menunjukkan, konsumsi gandum bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan resistensi insulin. Semua gandum mengandung serat larut, yang memperlambat tubuh mengurai dan menyerap karbohidrat, yang berarti kadar gula darah tetap stabil.

Lahan kelapa Sawit. (Ilustrasi)

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengungkapkan, seluas 3,37 juta hektare lahan sawit terindikasi ada di dalam kawasan hutan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024