Hiiii, Kaki Kok Jamuran!


VIVAnews - Kaki adalah bagian yang paling rentan terserang jamur. Biasanya parasit ini bersarang di kaki kita jika kita sering berjalan tanpa alas kaki di pantai, kolam renang, dan kamar hotel.

Tapi jangan khawatir sebab tidak begitu sulit untuk menjaga kaki tetap sehat.

Dermatomycosis adalah sekelompok virus penyakit yang disebabkan oleh jamur yang ada pada kulit atau kuku. Sistem kekebalan tubuh dapat membuat jamur mati, karena itu anak-anak tidak mungkin mengalami kaki yang berjamur. Jamur menyerang kebanyakan orang yang berumur 30 tahun ke atas ketika sistem kekebalan tubuh mulai menurun.

Agar kaki tidak jamuran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jangan pernah berjalan tanpa alas kaki di trotoar, sauna, sekitar hotel, gym, atau di dekat kolam renang. Anda dapat berjalan tanpa alas kaki hanya di beberapa tempat. Salah satunya di pantai yang panas sebab hanya sedikit risiko mengalami kaki berjamur jika berjalan di pantai yang panas.

Anda juga bisa berjalan tanpa alas kaki di kamar hotel sebab seharusnya desinfeksi menyeluruh telah dilakukan di kamar hotel. Biasanya terdapat stiker khusus yang melekat pada tutup toilet, wastafel, atau dinding kamar mandi yang menunjukkan tempat itu telah didesinfeksi. Selain itu, yakinkan bahwa kaki benar-benar kering sebelum menggunakan kaus kaki atau sepatu.

Untuk mencegah serangan jamur ini bisa dilakukan beberapa hal. Berikan deodoran kaki atau bedak pada kaki Anda setiap hari. Deodoran dan bedak dapat menghilangkan bau busuk pada kaki serta melindungi kaki dari jamur yang diketahui dapat berkembang di lingkungan yang lembab.

Sebelum mengunjungi tempat sauna, sebaiknya menggunakan obat anti jamur pada kaki, baik gel maupun krim. Dokter biasanya menyarankan orang yang memiliki gaya hidup aktif untuk menggunakan krim anti jamur

Orang yang kakinya terkena serangan jamur, kuku kakinya akan ditutupi bintik-bintik kuning, putih, atau abu-abu. Selain itu akan akan terjadi peradangan di antara jari-jari kaki. Beberapa gelembung juga akan muncul di atas kaki. Pada telapak kaki akan muncul kapalan dan telapak kaki kadang retak-retak.

Beberapa jenis jamur secara efektif dapat diobati dengan krim khusus, sedangkan yang lain bisa diobati hanya dengan terapi antijamur.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Laporan: Djamilah

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

Ambisi Tim Bulutangkis Indonesia Raih Juara Piala Thomas dan Uber 2024

Optimisme kemenangan dirasakan timnas Indonesia untuk merebut kembali piala di turnamen bergengsi Piala Thomas dan Piala Uber 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024