Waspada! Kematian Akibat Gangguan Makan

VIVAnews - Editor kesehatan Glamour mengatakan pertanyaan yang paling sering dia dengar setelah kematian aktris Brittany Murphy adalah bisakah gangguan makan menyebabkan kematian?

Mungkin kita tidak akan pernah tahu pasti hal itu, namun yang kita tahu, anoreksia, bulimia, dan gangguan makan bisa menjadi serius dan memiliki efek yang besar pada tubuh. Beberapa hal yang bisa terjadi akibat gangguan makan adalah infertility, masalah jantung, gigi rusak, kembung, serta overdosis obat.

Infertility
Tidak memiliki lemak yang cukup pada tubuh dapat menghentikan ovulasi. “Kabar baiknya, bagi banyak perempuan, kesuburan dapat kembali setelah mereka kembali sehat, dan mereka tidak menderita masalah jangka panjang,” kata Walter H. Kaye, direktur University of California, San Diego, program gangguan makan.

Masalah jantung
Anoreksia dapat diartikan bahwa jantung kelaparan sehingga mebuatnya jadi lemah. Dehidrasi akibat muntah dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Kerusakan Gigi
Wanita yang sering membuat diri mereka muntah akan menderita kerugian. Asam lambung akan mengikis enamelnya sehingga gigi menjadi keropos dan berongga. “Bisakah Anda membayangkan memiliki gigi palsu di usia tiga puluhan?” Saya sudah melihatnya,” kata Jennifer Nardozzy, Psy. D., manager pelatihan nasional klinik gangguan makan Renfrew Center.

Kembung

Gangguan makan mengakibatkan sejumlah masalah pencernaan, dari mulas hingga sembelit. Banyak pula yang mengakibatkan pembengkakan pada perut, bahkan ironisnya dapat membuat seseorang dengan citra tubuh yang buruk merasa semakin buruk. “Hal itu dapat membuat wajah bengkak dan memberi seseorang ‘chipmunk cheek’,” kata Nardozzi.

Overdosis Obat
Dosis obat didasarkan pada orang-orang yang memiliki berat badan normal sehingga wanita yang berat badannya tidak normal, sangat ringan, dapat overdosis secara tidak disengaja. Murphy dilaporkan memiliki beberapa resep obat berbeda di rumahnya.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

“Masyarakat sangat mengagumi bintang yang kurus, tapi jangan sampai karena ingin kurus, malah menjadi sakit,” kata Lynn Grefe, CEO Nayional Eating Disordes Association. Grefe mengatakan hal yang harus selalu diingat adalah gangguan makan adalah sesuatu yang serius.

Laporan: Djamilah

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!
(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024