Sekitar 200 Warga Papua Barat Demo Presiden

VIVAnews - Sekitar 200 orang dari Komite Aksi Nasional Rakyat Papua Barat se-Jawa Bali menggelar aksi di depan Istana Presiden. Massa menuntut agar pemerintah pusat menarik seluruh pasukan TNI dari Papua Barat.

Pantauan VIVAnews, aksi massa Papua Barat berlangsung tepat di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 1 Desember 2008. Dalam aksinya, massa juga menggelar tarian dan nyanyian khas masyarakat Papua.

Dalam orasinya, berkali-kali demonstrasn menuntut agar pemerintah menarik pasukan TNI organik dan non-organik. Tuntutan lain, massa meminta agar pemerintah Indonesia mewujudkan referendum di Bumi Cenderawasih.

Aksi massa Papua Barat ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka. Maka itu, massa juga menuntut kemerdekaan di tanah Papua. Dalam aksi ini, polisi menurunkan lima satuan setingkat kompi (SSK). "Kita menurunkan 5 SSK," ujar Kepala Polres Jakarta Pusat, Komisaris Besar, Ike Edwin. Untuk informasi, satu kompi itu sekitar 100 orang pasukan.

Massa juga membentangkan spanduk-spanduk dan poster yang bertuliskan tuntutan referendum bagi Papua Barat. Kendati demikian, tidak terlihat adanya pengibaran bendera bintang kejora dalam aksi ini. Gambar-gambar bintang kejora hanya terlihat pada cat muka di beberapa peserta aksi

Siswi SMA Negeri 2 Maumere Dilarang Ikut Ujian Gegara Nunggak Rp50 Ribu
Tangkap layar penampakan buaya di Kecamatan Medan Labuhan.(Instagram)

Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan

Pasca viral di media sosial, BBKSDA Sumatera Utara menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan terkait dengan penampakan seekor buaya bertubuh besar di sungai Pekatal, Kel

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024