Cegah Stroke dengan Minyak Zaitun

VIVAnews - Sejumlah peneliti di Sofia University Hospital, Cordoba, Spanyol, mempublikasikan hasil temuan mereka tentang manfaat minyak zaitun murni yang kaya fenol (sejenis zat yang bersifat asam). Disebutkan, minyak zaitun dapat digunakan untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah pada mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Penelitian itu dilakukan dengan cara mengamati dua kelompok responden yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Selama 1 minggu, kelompok pertama diberi sarapan dengan menu roti tawar yang diolesi minyak zaitun yang mengandung 400 bagian per juta fenol.

Kelompok kedua diberi sarapan dengan menu roti tawar yang diolesi minyak zaitun yang sudah diekstraksi hingga tinggal 80 bagian per juta fenol.

Hasilnya, dua jam setelah sarapan, konsentrasi antigen faktor VII (zat yang mencetuskan pembekuan darah) pada responden kelompok pertama jauh lebih rendah dibanding kelompok kedua.

Dengan bukti ini, para peneliti menyarankan, bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan berisiko tinggi mengalami penyumbatan pembuluh darah, sebaiknya meningkatkan konsumsi minyak zaitun murni.

Cegah Kecurangan dalam Seleksi ASN, Menpan-RB Siapkan Teknologi Face Recognition
VIVA Militer: 2 Prajurit Kopasgat TNI AU berhasil gagalkan penyeludupan sabu

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Dua prajurit Yonko 462 Kopasgat ini berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu melalui perusahaan ekspedisi ternama

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024