Jadi Dirut Bulog, Sutarto Rangkap Jabatan

VIVAnews - Dirjen Tanaman Pangan Departemen Pertanian (Deptan) Sutarto Alimoeso mengaku proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kedua bagi dirinya sebagai calon orang nomor satu di Perum Bulog baru dilaksanakan hari ini.

"Barusan saya mengikuti fit and proper test," kata Sutarto di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis 19 November 2009.

Menurut Sutarto, pemberitahuan dirinya sebagai kandidat direktur utama Bulog baru diketahui bersamaan dengan pengumuman wakil menteri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Saya dipanggil oleh menteri (BUMN) untuk wawancara kemudian fit and proper, tadi dites lagi," katanya.

Sutarto mengakui, dirinya belum mengetahui penunjukan resmi sebagai dirut Bulog. Kabar penunjukan dirinya baru diketahui setelah sejumlah kolega memberikan ucapan selamat melalui telepon seluler.

2 Debt Collector yang Hendak Ambil Paksa Mobil Polisi di Palembang Jadi Tersangka

"Saya belum tahu kapan resminya dilantik," katanya.

Selain itu, Sutarto tidak mengetahui berapa jumlah pejabat yang diusulkan untuk mengisi posisi yang sebelumnya ditempati Pelaksana Tugas Dirut Bulog Abdul Waris Pattiwiri tersebut.

Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar tidak secara spesifik menitipkan pesan-pesan khusus dalam mengelola Bulog ke depan.

Namun, dirinya akan berkaca pada tugas pokok dan fungsi Bulog yaitu ikut menyangga ketahanan pangan dan stabilitas pangan serta pelaksana tugas pemerintah melalui program public service obligation (PSO).

Masih Rangkap Jabatan
Sutarto juga mengatakan, paska penunjukannya sebagai dirut Bulog, dirinya masih merangkap sebagai Dirjen Tanaman Pangan Deptan.

Hubungan dengan Rizky Nazar Diduga Retak Lantaran Orang Ketiga, Instagram Syifa Hadju Diserbu

Sedangkan untuk proses pergantiannya sebagai dirjen akan tetap mengikuti ketentuan yang ada.

"Sebelum dibebastugaskan, saya masih dirjen tanaman pangan. Saya juga merangkap sebagai komisaris PT Pupuk Kaltim," ujarnya.

Dengan berkelakar, pria lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut mengatakan bahwa jarak antara Deptan dan Bulog tidak akan menjadi masalah baginya dalam mengelola dua tugasnya tersebut.

"Kan masih bisa menggunakan telepon, masalah berkantor kan tergantung kepentingannya" ujar dia.

arinto.wibowo@vivanews.com

Parto Patrio.

Istri Ungkap Kondisi Terkini Parto Patrio Usai Jalani Operasi

Komedian Parto Patrio baru-baru ini dilarikan ke rumah sakit karena kondisi kesehatannya menurun. Informasi itu disampaikan oleh istri Parto, Diena Risty di Instagram.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024