Kondom Tak 100% Cegah Penyakit Seksual?

VIVAnews - Penyakit menular seksual (PMS), seperti sipilis, herpes, dan gonorhea bisa terjadi pada siapa saja. Meskipun Anda melakukan hubungan seksual hanya pada pasangan, bukan berarti terbebas dari PMS. Banyak fakta penting terkait penyakit menular seksual yang perlu Anda ketahui, agar bisa terhindar dari penyakit ini.

- Penyakit menular seksual bisa tertular meskipun menggunakan kondom
Menggunakan kondom tidak menjamin penyakit seksual tidak tertular. Kondom bukan pelindung sempurna, dan bisa saja bocor. Penyakit menular seksual tidak selalu ditularkan melalui cairan kelamin tetapi juga melalui permukaan kulit, sepertiĀ  herpes and HPV (human papillomavirus). Jadi, menggunakan kondom tidak menjamin seseorang aman dari penyakit menular seksual.

- Penyakit menular seksual seringkali tidak terdeteksi

Gejala penyakit menular seksual sering tidak terlihat jelas oleh mata. Meskipun keadaan seseorang normal dan tidak ada tanda-tanda bukan berarti ia bersih dari PMS. Bahkan bisa dikatakan sebagian besar penderita penyakit menular seksual tidak menyadarinya sampai penyakit dalam keadaan parah.

- Penyakit klamidia bisa memicu kemandulan
Klamidia adalah penyakit dengan gejala nyeri pinggul saat melakukan hubungan seksual. Penyakit ini sebenarnya bisa disembuhkan, tetapi jika penanganannya terlmbat bisa membuat wanita mengalami masalah pada kehamilannya atau bahkan tidak bisa hamil. Penyakit menular seksual ini bisa terjadi tanpa penetrasi atau pertukaran cairan tubuh. Virus bisa tertular dengan cara sederhana yaitu kontak kulit.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit
Ilustrasi tambal ban mobil.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @Jabodetabek.terkini pada Sabtu, 20 April 2024, terdapat sebuah video memperlihatkan mobil Toyota Avanza kehilangan ban.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024