Kondisi Jalur Mudik Selatan di H-4

Ilustrasi Mudik Menggunakan Sepeda Motor
Sumber :
VIVAnews - Memasuki empat hari menjelang (H-4) Lebaran, arus mudik di jalur selatan mulai mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi sejak pagi hingga Minggu petang tadi, 4 Agustus 2013.
Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Kepadatan arus lalu lintas didominasi oleh kendaraan roda dua dan empat.
Nyamuk Wolbachia Melawan DBD! Menkes Ungkap 5 Wilayah di Jawa yang Sudah Terbebas

Menurut Kapolres Banyumas AKBP Diyono, tingginya arus kendaraan dari arah Jakarta dan Bandung menuju ke Yogyakarta dan Jawa Timur membuat kemacetan di sejumlah titik. "Titik kemacetan yang paling sering terjadi penumpukan kepadatan kendaraan adalah di pintu perlintasan Sumpiuh," ujarnya.
Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Di pintu perlintasan, kata dia, kemacetan terjadi akibat meningkatnya aktivitas palang pintu perlintasan karena bertambahnya intensitas perjalanan kereta api sehingga interval penutupan pintu perlintasan semakin sering dilakukan.

"Sedangkan 200 meter dari perlintasan kereta api Sumpiuh, juga terdapat pasar tumpah, sehingga arus lalu lintas terhambat akibat aktivitas warga yang berbelanja," ujarnya.

Untuk mengurai kemacetan yang parah itu, Diyono mengaku bahwa Kepolisian Resort Banyumas memasang pembatas jalan. Selain itu, setiap 200 meter juga disiagakan anggota polisi untuk menghindari adanya kendaraan yang saling mendahului sehingga mengakibatkan kemacetan parah.

"Di pintu perlintasan, Polres Banyumas juga membuat jalur alternatif untuk sepeda motor, sehingga pada saat pintu perlitasan ditutup, sepeda motor dialihkan menggunakan jalur alternatif," jelasnya.

Sementara itu, selain di Sumpiuh, antrean kendaraan juga terjadi di wilayah perempatan lampu merah Buntu, pasar Jatilawang hingga di jalur antara Jatilawang hingga Lumbir yang kondisinya banyak terdapat tikungan sehingga kecepatan kendaraan harus dikurangi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya