Menkopolhukam: 2013-2014, Situasi Politik Memanas

Gamawan Fauzi, Djoko Suyanto dan Kapolri Timur Pradopo
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan proses hukum dan keamanan tidak bisa berjalan sendiri-sendiri karena saling terkait. Berkaca pada ketidakpuasan publik atas dua masalah tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono minta jajaran aparat hukum dan keamanan lebih giat.

"Bapak Presiden menyampaikan, tahun 2013-2014 situasi politik memanas, eskalasi gangguan keamanan menjadi tantangan yang harus dihadapi," kata Djoko Suyanto saat jumpa pers di Ruang Garuda, Istana Bogor, Senin 7 Januari 2013.

Menurutnya, salah satu arahan Presiden adalah keharusan melibatan jajaran pemerintah daerah dalam menjaga keamanan dan mengelola konflik. Sebab, mereka yang lebih memahami kekhususan situasi daerah masing-masing. "Yang kedua bagaimana sinergi horizontal dan vertikal, dari pusat hingga daerah terpadu," ujarnya.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Dia menambahkan, konflik di daerah satu dan lainnya berbeda sehingga dalam bertindak harus disesuaikan dengan kekhasannya. Dengan demikian, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lembaga swadaya masyarakat harus dilibatkan.

"Operasi terpadu yang dilakukan selama ini seolah disandarkan pada Polri, Padahal persoalan-persoalan konflik di daerah tidak melulu soal hukum," ujarnya.

Rencana operasi terpadu, kata Djoko, ditujukan pada kondisi spesifik di daerah. "Ini harus dituangkan per provinsi, per kabupaten," kata dia. (umi)

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024