Studi: Efek Pelukan, Menyehatkan Jantung

pelukan
Sumber :

VIVAlife - Bagaimana psikologi berperan dalam kesehatan tubuh? Seperti disebutkan para psikolog, jika penyembuhan suatu penyakit dapat berproses lebih cepat saat penderita mendapatkan banyak dukungan emosional dari kerabat atau orang-orang yang dicintai. 

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Seorang peneliti, Dr Candyce Kroenke berkata, "Kami menemukan wanita dengan jaringan sosial yang sempit, memiliki risiko kematian lebih tinggi, dibandingkan mereka yang dikelilingi orang dekat." Artinya, untuk mendapatkan kesehatan, Anda diwajibkan untuk bersosialisasi dengan baik.

Memiliki banyak teman untuk berbagi, atau melakukan hal kecil guna mendukung teman yang sedang sakit. 

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Meski hanya berupa dukungan kecil, seperti mengantar ke rumah sakit, ini sangat berarti bagi mereka. Dukungan ini juga termasuk sebuah pelukan. Bahkan, pelukan ini lebih efektif dibandingkan obat dokter.

Dilansir Daily Mail, pelukan yang didapatkan secara rutin, mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stres, dan kelelahan. Daya tahan tubuh akan otomatis meningkat, sehingga tubuh dapat melawan infeksi dan depresi. Demikian menurut studi terbaru. 

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Sepuluh detik berpelukan, dapat menurunkan tekanan darah. Dan setelah itu seseorang akan merasa lebih baik secara keseluruhan. Ini karena hormon oksitoksin meningkat, dan sebaliknya hormon stres akan berkurang. 

"Pengalaman emosional positif, seperti berpelukan, menimbulkan reaksi biokimia dan fisiologis," kata psikolog Dr Jan Astrom, pemimpin penelitian, dalam Jurnal Psychology Komprehensif. (art)

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Wakil Ketua Umum Golkar mengatakan bahwa tak boleh ada pembatasan dalam membentuk kabinet, karena merupakan hak prerogatif presiden.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024