Olimpiade London 2012

KOI Rilis Pakaian Resmi Kontingen Indonesia

Peluncuran Seragam Defile Kontingen Indonesia Di Olimpiade 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) merilis seragam yang akan dikenakan kontingen Indonesia saat mlakukan defile pada pembukaan Olimpiade 2012. Seluruh desain pakaian yang akan dikenakan atlet merupakan karya desainer lokal, Yani N Soemali

"Ini sebagai bentuk dukungan desainer Indonesia bagi para atlet Indonesia. Seragam ini didesain oleh Yani N Soemali, desainer asal Indonesia," kata Ketua Kontingen Olimpiade Indonesia (Chief de Mission), Erick Thohir pada jumpa pers, Senin, 18 Juni 2012. 

Ada beberapa desain yang telah disiapkan, baik untuk kepentingan formal maupun santai. Menurut Erick, pihaknya juga akan mencoba mengomersilkan model baju formal para atlet. Harganya diperkirakan akan mencapai Rp1,5 juta- Rp2 juta per potong. "Baju batik akan kami jual di Pekan Raya Jakarta (PRJ)," kata Erick.

Erick menambahkan, untuk pakaian bertanding, KOI telah menggandeng League dengan nilai sponsor Rp1 Miliar-Rp2 Miliar. 

Sementara itu, Yani mengaku telah menyiapkan model beskap dan kebaya bagi seragam resmi kontingen putri Indonesia. Khusus untuk kebaya akan berbentuk kutubaru yang terinsipirasi dari pakaian keseharian pahlawan nasional, Raden Ajeng (RA) Kartini.

"Kedua pakaian ini salah satu pakaian tradisional khas Indonesia. Diharapkan, agar para atlet putri dapat berjuang dan menang di ajang Olimpiade dengan semangat juang Ibu Kartini," katanya.

Batik yang digunakan juga bermotif Sekar Jagat. Pemilihan motif ini juga bukan tanpa alasan. Motif Sekar Jagat disesuaikan dengan harapan masyarakat Indonesia terhadap perjuangan para atlet di Olimpiade London 2012 nanti.   "Sekar sendiri berarti bunga dan jagat berarti dunia. Ini seperti harapan kami agar atlet Indonesia menjadi bunga-bunga Indah di ajang Olimpiade," beber Yani. (umi)

Daftar 10 Kampus Terbaik Indonesia 2024 Versi SIR, Bisa Jadi Panduan Calon Mahasiswa Baru
Lisa BLACKPINK

Lisa BLACKPINK Beli Rumah Baru di Beverly Hills Seharga Puluhan Miliar

Lisa BLACKPINK telah menjadi perbincangan hangat di media sosial setelah kabar mengenai pembelian rumah barunya di Beverly Hills. Sontak saja kabar ini langsung viral.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024