Video Aliran Lahar Dingin Merapi

Lahar dingin Merapi mengalir di Kali Kuning, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro A

VIVAnews - Hujan terus mengguyur kawasan lereng Gunung Merapi. Hujan yang turun ini juga membawa lahar yang tersimpan di badan Merapi. Lihat video aliran lahar itu.

Informasi yang disampaikan radio komunitas Merapi menyebutkan, lahar dingin dari puncak Merapi telah mengalir ke Kali Gendol. Bahkan, warga yang tinggal di sekitar Sungai Gendol juga sudah diminta segera mengungsi.

Melihat banjir lahar dingin ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah memperingatkan kepada warga untuk segera meninggalkan rawan bencana III, khususnya yang bermukim di sekitar alur sungai.

Daerah yang perlu dihindari adalah wilayah di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Merapi sektor Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat dan Baratlaut dalam jarak 15 km dari puncak Gunung Merapi. Daerah itu meliputi Kali Woro, Kali Gendol, Kali Kuning, Kali Boyong, Kali Bedog, Kali Bebeng, Kali Krasak, dan Kali Senowo.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024