Mengapa Rambut Berdiri Tegak Sebelum Sambaran Petir? Ini Penjelasannya

Ilustrasi petir/kilat.
Sumber :
  • Fernando Flores/Wikimedia

VIVA Sainstek – Guntur yang amat keras dan kilatan petir cukup menakutkan. Kejadian tersambar petir bukanlah hal yang kerap terjadi, tetapi korbannya bisa menderita luka serius dan berpotensi fatal.

Pertamina NRE dan VKTR Sepakati Kolaborasi Kembangkan Ekosistem EV Berkelanjutan, Intip Strateginya

Sebelum petir itu menyambar, terkadang ada tanda-tanda yang bisa terlihat. Salah satunya adalah rambut yang berdiri tegak. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro, Brasil tersambar petir

Photo :
  • Instagram
Geger! Peneliti BRIN Temukan Tanda-tanda Kehidupan Harimau Jawa di Sukabumi

Alasan Rambut Berdiri Tegak Sebelum Sambaran Petir

Fenomena ketika rambut berdiri tegak sebelum datang sambaran petir, bisa dipahami dari penjelasan tentang petir. Pertikel kecil di udara didorong oleh arus udara hangat dan bertabrakan satu sama lain.

Pemprov DKI Anggarkan Rp 6,3 M Beli Moge Listrik, Dipakai Kawal Gubernur

Hal itu menciptakan muatan dan potensi listrik dalam awan. Melalui pemisahan muatan, muatan positif dan negatif kemudian dinetralkan.

Namun, adanya muatan berlawanan di permukaan tanah akan memperkuat medan listrik, dengan yang terkuat adalah pada objek yang paling dekat dengan awan petir.

Benda-benda tersebut kerap kali berupa pohon atau pencakar langit. Sayangnya, terkadang objek terdekatnya adalah manusia.

Sambaran petir yang akan segera terjadi akan didahului dengan rambut yang berdiri tegak. Hal semacam ini prinsipnya mirip seperti percobaan menggosokkan balon pada kain dan meletakkannya di samping kepala seseorang sehingga rambut mereka melawan gravitasi.

Ilustrasi petir/kilat.

Photo :
  • Fernando Flores/Wikimedia

Ion di rambut merespons perbedaan potensial listrik antara awan petir dan Bumi. Sehingga, korban sambaran petir menjadi bagian dari jalur pelepasan ribuan volt saat ion akhirnya dinetralkan.

Pada laman 4029 News disebutkan, muatan listrik terbentuk sebagai bagian dari sambaran petir positif. Muatan inilah yang menyebabkan rambut berdiri.

Saat rambut mulai berdiri tegak, sebaiknya seseorang segera masuk ke dalam ruangan. Berdiri di bawah penangkal petir alami seperti pohon atau juga berdiri di bawah payung logam masih tetap berbahaya.

Tips lainnya dikatakan dalam US National Weather Service, jika rambut mulai berdiri, seseorang bisa berlutut dan membungkuk ke depan, tetapi jangan berbaring rata di tanah. Pasalnya, tanah basah adalah penghantar listrik yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya