Heboh Kepulauan Widi Maluku Utara Dilelang Situs Asing

Ilustrasi pulau
Sumber :
  • SWSN.com

VIVA Nasional – Salah satu pulau di Indonesia yang dikenal sebagai Kepulauan Widi di Maluku Utara akan dilelang dalam salah satu penjualan real estat paling menarik yang pernah terjadi di Asia.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Lebih dari 100 pulau di "Segitiga Terumbu Karang" Indonesia timur tersebar di 10.000 hektar (25.000 hektar), pulau itu kira-kira berukuran sama dengan pulau di Polinesia Prancis yakni Bora Bora.

Ilustrasi pulau

Photo :
  • Shutterstock
Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Hukum Indonesia menyatakan bahwa orang non-Indonesia tidak dapat secara resmi membeli pulau di negara ini. Namun, pulau Widi menyiasatinya dengan meminta pemilik akhir memperoleh minat di PT. Leadership Islands Indonesia (LII), yang merupakan sebuah perusahaan induk.

Melansir dari CNN Internasional, Kamis, 24 November 2022, dari sana, pemiliknya akan bebas mengembangkan pulau sesuai keinginannya.

Mobil Rubicon Mario Dandy Dilelang! Harga Limitnya Rp809 Juta

Namun, jika mereka merasa sedikit terbebani dengan prospek tersebut, beberapa ahli yang dipilih oleh LII sudah menunggu untuk mendukung pembangunan resor di Cagar Alam Widi.

Jajarannya termasuk Bill Bensley, desainer bintang di balik beberapa hotel dan resor paling eksklusif di Asia. Charlie Smith, wakil presiden eksekutif untuk EMEA (Eropa, Timur Tengah dan Afrika) di Sotheby's Concierge Auctions, yang jelas mengharapkan tawaran untuk kepulauan ini menjadi signifikan.

Ilustrasi pulau tak berpenghuni.

Photo :
  • SWSN.com

"Setiap miliarder dapat memiliki pulau pribadi, tetapi hanya satu yang dapat memiliki peluang eksklusif ini yang tersebar di lebih dari 100 pulau," katanya dalam sebuah pernyataan pers

Sementara pembeli terakhir dari Widi Reserve tidak berkewajiban untuk bekerja dengan Bensley, desainer yang berbasis di Thailand, yang telah mengerjakan beberapa konsep desain untuk resor pulau hipotetis.

Apa pun yang terjadi pada Cagar Alam Widi, Pulau Widi memiliki beberapa pemandangan terindah di Indonesia, termasuk terumbu karang, hutan bakau, dan tepi pantai sekitar 150 kilometer (93 mil).

The Reserve hanya dapat diakses dengan pesawat pribadi. Jika dari Bandara Internasional Gusti Ngurah Rai Bali dapat dicapai dalam 2,5 jam penerbangan.

Lelang dimulai pada 8 Desember dan akan berlangsung hingga 14 Desember 2022. Tidak ada harga cadangan, tetapi penawar diminta untuk memberikan deposit US$100.000 atau setara dengan Rp1,564 miliar untuk membuktikan bahwa mereka serius.

Penjualan pulau pribadi telah meningkat pesat selama beberapa tahun terakhir.

Ilustrasi pulau-pulau yang dijual

Photo :
  • www.privateislandsonline.com

Sudah menjadi pilihan populer bagi individu yang sangat kaya (Shakira dan Leonardo DiCaprio masing-masing juga dilaporkan memiliki pulau pribadu), keinginan untuk privasi dan menjaga jarak membuat mereka menjadi aset yang lebih didambakan selama pandemi.

Seperti yang dijelaskan Stacy Fischer Rosenthal, presiden perusahaan perjalanan kelas atas Fischer Travel Enterprises kepada CNN, biaya pemeliharaan dan infrastrukturlah yang benar-benar membuat memiliki pulau menjadi mahal.

Banyak pulau tidak memiliki struktur yang ada, dan beberapa pemilik tidak hanya harus membangun rumah tetapi juga memasang pipa ledeng, listrik, dan infrastruktur lainnya jika mereka ingin tinggal di sana.

Tambahan untuk transportasi, biaya untuk mengantar makanan dan staf masuk dan keluar, membuat memiliki sebuah pulau bisa menjadi sangat mahal.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya