Lukisan Wanita Telanjang Picasso Laku Rp988 Miliar, Ini Penampakannya

Sebuah karya Pablo Picasso berjudul
Sumber :
  • AP Photo/Seth Wenig

VIVA – Lukisan Pablo Picasso yang dibuat tahun 1932 “Femme nue couchee” terjual seharga US$67,5 juta atau setara dengan Rp988,4 miliar sesuai nilai tukar kurs pada Selasa 17 Mei 2022, pada debut lelangnya di Sotheby’s, New York, Amerika Serikat.

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

Harga jual delapan digit itu muncul seminggu setelah lukisan layar sutra karya Andy Warhol tahun 1964 tentang Marilyn Monroe juga terjual seharga US$195 juta di Chirstie’s, dan membuat rekor untuk sebuah karya seniman Amerika Serikat (AS) yang dijual di lelang.

Melansir dari The Sundaily, Rabu 18 Mei 2022, rumah lelang Sotheby’s telah memperkirakan lukisan Picasso, penggambaran surealistik dari inspirasinya Marie Therese Walter akan terjual lebih dari US$600 juta.

Prabowo Diberi Lukisan Tangan oleh SBY Saat Hadir Silaturahmi dan Bukber Partai Demokrat

Lukisan “Femme nue couchee” diterjemahkan dari bahasa Prancis yang artinya “wanita berbaring telanjang”. Lukisan tersebut memperlihatkan sosok Marie Therese sebagai makhluk laut berkaki banyak dengan kepala dimiringkan ke arah belakang.

Kecintaannya pada berenang dan keanggunannya di dalam air mengilhami kiasan terhadap laut padahal Picasso sendiri disebutkan tidak bisa berenang, menurut Sotheby’s.

SBY Beri Hadiah Lukisan 'Standing Firm Like Rocks' ke Prabowo, Begini Maknanya

Marie Theresa sendiri adalah wanita berumur 17 tahun ketika perempuan itu bertemu dengan Picasso yang berumur 45 tahun di Paris. Mereka memulai hubungan rahasia saat dia masih menikah dengan istri pertamanya yang seorang penari balet Rusia-Ukraina Olga Khokholova.

Marie Therese menjadi model Picasso untuk sejumlah lukisan dan patung. Hubungan Marie dan Picasso diketahui melahirkan seorang putri bernama Widmaier Picasso.

“Femme nue couchee” lahir dari tahun yang sangat kreatif dan penting bagi Picasso. Baru berusia 50 tahun, Picasso telah mencapai ketenaran yang meluas pada tahun 1932, tetapi hal itu meningkatkan ambisinya untuk membungkam para kritikus yang mempertanyakan apakah dia seorang seniman masa lalu atau masa depan.

Pembeli lukisan Picasso sebelumnya diketahui bernama Amy Cappellazo mantan Kepala Divisi Seni Rupa Global Sotheby yang membeli lukisan itu di Sotheby’s Modern Evening Sale di New York.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya