5 Hal Bisa Kamu Lakukan Setelah Wisuda dan Jadi Sarjana

Ilustrasi Sarjana
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Wisuda biasanya merupakan momen yang sangat dinanti sebagai tanda kelulusan dari seorang mahasiswa. Tak hanya itu saja, wisuda juga menjadi sebuah loncatan untuk melanjutkan arah kehidupan kita setelahnya. Baik itu meneruskan hidup dengan bekerja, melanjutkan pendidikan hingga menikah dan lain sebagainya. 

Kenali Asuransi Kecelakaan Kerja dan Cara Mengklaimnya

Setelah lulus, tentunya ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk menjalani hidup yang lebih serius lagi. Sebagai manusia yang hidup bersosial tentu kita harus melanjutkan kehidupan dengan sesuatu yang bermanfaat baik untuk diri kita sendiri maupun banyak orang dan bahkan negara. Kita bisa mengukir berbagai karya dan prestasi setelahnya. 

Lantas, apa saja hal yang dilakukan setelah wisuda? Berikut ini akan diberikan referensi yang bisa kamu lakukan setelah lulus dan melakukan wisuda yang juga dikutip dari Indeed. 

Ramadhan Banjir Job, Happy Asmara Ungkap Isi Hati Harus Jauh dari Keluarga karena Kerjaan

1. Melanjutkan pendidikan 

Setelah lulus, pilihan yang bisa kamu pertimbangkan adalah melanjutkan pendidikan. Pilihan ini sangat bagus apabila jalur karier kamu memang mengharuskan pendidikan khusus atau lebih tinggi. Misalnya, pendidikan terakhir kamu adalah diploma (D3), maka kamu bisa melanjutkan ke jenjang S1. Apabila pendidikan terakhir kamu S1, maka kamu bisa melanjutkan ke jenjang S2. Jika kamu sudah menyelesaikan S2, maka kamu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S3. 

INFOGRAFIK: Ketentuan THR 2024

2. Mencari peluang menjadi sukarelawan

Kamu juga bisa mencari peluang menjadi seorang sukarelawan setelah lulus untuk memperoleh pengalaman berharga, terutama bila terkait dengan bidang minat atau tujuan karier dalam jangka panjang. Kamu juga bisa mengembangkan hard skill dan soft skill, seperti manajemen waktu, manajemen tugas, komunikasi, kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan. Keterampilan ini dapat dialihkan dan meningkatkan kemampuan kamu serta menjadikan kamu karyawan yang lebih berharga saat mulai bekerja. Posisi sukarelawan juga dapat memberikan kamu pekerjaan yang sesungguhnya di tempat lain melalui peluang jaringan yang disediakannya.

3. Mencari pekerjaan

Jika kamu telah menemukan dan mengetahui passion yang kamu miliki, kamu mulai mencari pekerjaan setelah lulus. Kamu bisa menerapkan ilmu yang sudah kamu dapatkan selama mengenyam pendidikan dalam dunia kerja dan mengasah skill kamu. Pekerjaan tersebut bisa kamu cari melalui online karena zaman sekarang ini semua sudah serba dimudahkan, termasuk mencari pekerjaan. Misalnya melalui platform linkedin, indeed, jobstreet dan lain sebagainya. 

4. Mencari magang

Apabila kamu baru saja lulus dan belum mendapatkan serta diterima dalam pekerjaan yang kamu inginkan kamu bisa mencari magang terlebih dahulu sebagai batu loncatan nantinya. Magang juga menjadi kesempatan penting untuk mendapatkan akses ke perusahaan dan industri yang kompetitif. Kamu bisa melamar posisi magang di perusahaan terkemuka. Untuk magang sendiri memang ada yang dibayar dan tidak dibayar, namun yang paling pentingnya adalah pengalaman bekerja yang didapatkan. Performa yang baik selama magang juga dapat menghasilkan rekomendasi dan tawaran pekerjaan untuk kamu. 

5. Memulai bisnis

Kamu dapat juga dapat memulai bisnis jika memiliki ide untuk memecahkan masalah komunitas atau mengoptimalkan proses tertentu. Hal ini juga memungkinkan untuk mengejar impianmu, berkontribusi pada masyarakat dan menghasilkan uang. Selain itu, kamu bisa mendapatkan sertifikasi tambahan atau mengikuti pelatihan khusus untuk membekali diri dengan keahlian yang diperlukan agar berhasil. Misalnya, kamu bisa mengambil kursus dalam manajemen proyek dan kepemimpinan bisnis untuk membantu meningkatkan peluang sukses setelah memulai bisnis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya