Tomat Bisa Tumbuh di Mars

Tomat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tomat bisa tumbuh di Mars, menurut penemuan para ilmuwan. Gagasan ini mengartikan bahwa manusia nantinya masih bisa menikmati saus tomat di Planet Merah.

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Para ahli dari Florida’s Aldrin Space Institute, Amerika Serikat (AS) diklaim mampu menanam tomat di biodome yang mensimulasikan lingkungan Mars yang keras.

Eksperimen dua tahun yang disponsori oleh pabrik saus Heinz ini memicu harapan bahwa manusia mampu menjelajahi galaksi lain, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs The Sun, Jumat, 12 November 2021.

Bukan Cuma Mengatasi Jerawat, Ketahui Manfaat Buah Tomat pada Kesehatan Kulit dan Wajah

Andrew Palmer mengatakan jika manusia ingin mempertahankan kehidupan di planet lain maka harus bisa memahami bagaimana menanam dan memproduksi makanan dalam jangka panjang menggunakan alat yang tersedia.

“Tanah yang kita pakai di Bumi penuh dengan mikroba dan jamur yang membuatnya tumbuh lebih mudah. Regolith (tanah) Mars memiliki susunan yang sangat berbeda," ungkap dia.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Mencapai hasil panen yang berkualitas menjadi saus tomat Heinz adalah hasil yang diimpikan. Hal ini memungkinkan manusia untuk melihat produksi pangan jangka panjang di luar Bumi.

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

Photo :
  • SpaceNews

“Ada banyak hal yang bisa kita pelajari jika bekerja sama dengan perusahaan makanan terbesar di dunia," tutur Palmer. Heinz kini telah membuat prototipe saus tomat dari tomat yang ditanam selama penelitian, yang disebut Marz Edition.

Para ilmuwan Florida’s Aldrin Space Institute bersama ahli botani Heinz menguji lusinan varietas untuk menemukan satu yang dapat tumbuh subur di biodome yang mirip Mars yang disebut 'RedHouse'.

Mereka menggunakan pencahayaan LED buatan dan 3.500 kg tanah buatan. Komposisi kimianya telah dianalisis oleh enam robot penjelajah yang dikirim ke Mars sejak 1997, yang memungkinkan para ahli untuk membuatnya kembali di Bumi.

Para ilmuwan merancang metode yang memungkinkan mereka bisa menanam tomat di tanah kering dengan sedikit pupuk dan air. Ilmuwan luar angkasa asal Inggris Maggie Aderin-Pocock mengatakan ini adalah terobosan yang menarik.

“RedHouse terputus dari atmosfer Bumi untuk mensimulasikan kondisi di Mars. Ketika manusia pergi ke Mars, seperti yang saya yakin, kita akan membuat biodome ini di permukaan planet untuk menanam makanan," papar Pocock.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya